Monday 6 July 2015

Mengenal Persamaan Dasar Akuntansi

DosenInternet - Setelah mengenal definisi dari Akuntansi dasar, maka selanjutnya kita akan mengenal mengenai Persamaan Akuntansi. Persamaan akuntansi adalah persamaan untuk menggambarkan hubungan antara elemen-elemen dalam laporan keuangan.

Adapun elemen-elemen laporan keuangan tersebut yang utama ada 5, yaitu aset, kewajiban, ekuitas, pendapatan, dan beban. Dari lima elemen tersebut, ketiga elemen laporan keuangan yang pertama yaitu aset, kewajiban ekuitas yang berada di laporan laporan posisi keuangan yang mana dulu dikenal dengan nama "neraca".

Kemudian kedua elemen berikutnya yaitu pendapatan dan beban berada di laporan laba rugi yang mana dulu dikenal dengan nama "laporan rugi laba". Pengakuan transaksi lebih mudah dilakukan apabila pengguna memahami apa itu persamaan akuntansi.

Nah, Persamaan akuntansi sendiri dapat dibedakan menjadi 2, yaitu persamaan akuntansi dasar dan persamaan akuntansi ekstensi. Persamaan akuntansi dasar sangat sederhana, yaitu "Aset = Liabilitas + Ekuitas". Sedangkan untuk persamaan akuntansi ekstensi ada 2, yaitu persamaan akuntansi perspektif sejarah dan perspektif IFRS.

Persamaan akuntansi ekstensi perspektif sejarah adalah "Aset + Beban = Liabilitas + Ekuitas + Penghasilan". Persamaan akuntansi ekstensi perspektif IFRS adalah "Aset = Liabilitas + Ekuitas + (Penghasilan - Beban)". Dengan demikian setiap transaksi yang terjadi akan mempengaruhi ketiga unsur tersebut yaitu Asset (aktiva), Liabilities (Kewajiban/utang), dan Ekuitas (Modal) baik penambahan atau pengurangan. Berikut contoh pencatatan transaksi dan efeknya dalam persamaan akuntansi :

Contoh : Nyonya Angel mendirikan sebuah usaha salon kecantikan dan melakukan transaksi dengan rincian sebagai berikut

Nyonya Angel menyetorkan uang sebesar Rp5000,00. Transaksi tersebut menyebabkan asset dalam bentuk kas bertambah sebesar Rp5000,00 dan pada sisi lain juga Ekuitas bertambah sebesar Rp5000,00. Dengan demikian transaksi tersebut dapat di catat sebagai berikut :

       Transaksi Asset   =Liabilitias  +Ekuitas
Kas
Ekuitas Ny. Angel
             1. +5000   =      -  ++5000

No comments:

Post a Comment

About

Like Us

Total Pageviews

Copyright 2015 | Dosen Internet