Monday 1 June 2015

Inilah Penyebab Air Radiator Mobil Cepat Berkurang


Dalam kendaraan bermotor memiliki sistem pendingin mesin masing-masing, seperti halnya mobil. Namun, tahukah anda apa yang menyebabkan air radiator mobil cepat habis? Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan pengetahuan seputar penyebab air radiator mobil cepat berkurang sebagai berikut :


Pada tutup radiator biasanya terdapat dua katup yaitu relief valve dan vacuum valve, yang berfungsi untuk menaikkan titik didih air pendingin dengan jalan menahan ekspansi air pada saat air menjadi panas sehingga tekanan air menjadi lebih tinggi dari tekanan udara luar, sedangkan fungsi yang kedua adalah untuk mempertahankan air pendingin di dalam sistem agar tetap penuh walaupun mesin dalam keadaan dingin atau panas yang di tampung sementara pada Reservoir Tank atau tangki cadangan. Yang mana kedua katup tersebut sudah lemah yang menyebabkan air akan terbuang. Untuk mengecek tutup radiator tersebut dapat dicek menggunakan radiator cup tester.






Cek lah radiator adakah kebocoran atau tidak? Kemudian cek lah radiator anda apakah bentuknya seperti pada gambar diatas? itu yang membuat jalannya air radiator tak mengalir dengan lancar yang membuat pendingan tidak maksimal sehingga air akan memuai dan lama-lama akan cepat berkurang.


  


Kemudian cooling fan/kipas radiator yang berfungsi untuk membantu agar aliran udara selalu cukup untuk mendinginkan radiator berputar lemah. Jika terjadi seperti itu biasanya  kipas radiator elektrik terjadi kerusakan pada motor listrik.

Diantara penyebab putaran kipas radiator lemah adalah:
a. Carbon brush sudah mau habis atau komutator habis terkikis
b. Gulungan kawat email pada motor mulai terlihat hangus,
c. Magnet pada motor cooling fan lepas atau bergeser,
d. Jika motor kipas adiator mengunakan relay tambahan (bukan relay bawaan), biasanya skun di kaki relay kurang baik sambungannya atau kabel yang dipakai terlalu kecil dengan indikasi kabel terasa panas.
e. Jika kipas radiator menggunakan visco fan radiator, kita ambil contoh saja seperti ISUZU Panther Pick Up diesel, kemungkinan adalah cairan didalam kopling kipas radiator terbuang keluar atau viscofan rusak seperti terlihat gambar dibawah ini, putaran kipas radiator bisa ditahan menggunakan kayu atau tangan meskipun mesin dalam kondisi berputar.
Gambar kipas radiator ditahan pakai kayu saat mesin berputar


4. Thermostat Bermasalah 


Bahan utama untuk mendinginkan mesin adalah air atau coolant, jika terjadi tidak bersirkulasinya air atau coolant hal ini kemungkinan akibat thermostat tidak membuka saat temperatur kerja mesin sudah tercapai, sehingga suhu mesin sudah melewati titik didih air diatas 100 derajat celsius tetapi air radiator belum bersirkulasi, seperti contoh pada BMW 318i tahun 2003, hal ini bisa dilihat dari perbedaan suhu yang jauh yang terdapat pada radiator.Beda panas pada radiator bmw 318i tahun 2003

Thermostat bengkok merupakan salah satu masalahnya yang menjadi penyebab air radiator mobil bmw 318i selalu berkurang banyak setiap hari dan air radiator keluar karena air pendingin mesin tidak bersikulasi melewati radiator karena thermostat tidak bisa membuka.
Sehingga air radiator tidak bersirkulasi karena radiator tersumbat kerak-kerak, biasanya hal ini karena umur kendaraan.

Untuk masalah air radiator yang selalu berkurang, kendaraan atau mobil harus segera dibawa ke bengkel kepercayaan untuk pemeriksaan sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan seperti mesin macet karena overheat dan lain sebagainya.

3 comments:

  1. Teria kash atas pencerahan yg diberikan, Salam sukses

    ReplyDelete
  2. Kenapa motor saya mesinya cepet panas mohon pencerahannya

    ReplyDelete

About

Like Us

Total Pageviews

Copyright 2015 | Dosen Internet