Saturday 30 May 2015

Defini Dan Peraturan Olahraga Sepak Bola Part 1



Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang di mainkan dengan menggunakan bola yang terbuat dari bahan kulit serta berbentuk bundar. Dalam permainan ini terdiri dari dua tim yang bertanding yang mana masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) pemain.

Dalam pertandingan sepak bola hanya seorang penjaga gawang saja yang diperbolehkan untuk memegang bola di dalam wilayahnya, sedangkan untuk 10 pemain lainnya tidak di ijinkan yang mana harus menggunakan seluruh anggota tubuhnya. Yang mana biasanya kaki digunakan untuk menendang, dada untuk mengontrol, dan kepala untuk menyundul bola. 

Dalam pertandingan sepakbola kemenangan ditentukan oleh tim yang mencetak gol paling banyak pada akhir pertandingan. Jika hingga waktu berakhir masih berakhir imbang, maka dapat dilakukan undian, perpanjangan waktu maupun adu penalti, tergantung dari format penyelenggaraan kejuaraan.

Sementara lama pertandingan normal sepakbola sendiri yaitu 2 × 45 menit, ditambah istirahat selama 15 menit di antara kedua babak tersebut. Adapun waktu selama 2×15 menit digunakan jika kedua tim hanya bisa bermain imbang di waktu pertandingan normal, hingga didapat pemenang, namun jika sama kuat maka diadakan adu penalti. 

Yang berlaku sebagai hakim dalam pertandingan sepakbola adalah seorang wasit yang berperan untuk menentukan berapa waktu tambahan di setiap akhir babak sebagai pengganti dari waktu yang hilang akibat pergantian pemain, cedera yang membutuhkan pertolongan, ataupun penghentian lainnya. Waktu tambahan ini disebut sebagai injury time atau stoppage time yang mana di bantu oleh dua hakim garis.

No comments:

Post a Comment

About

Like Us

Total Pageviews

Copyright 2015 | Dosen Internet